Selasa, 25 Januari 2011

Mubazir, Terminal Agro Selayaknya Jadi Dwi Fungsi

Terminal Agro Dumai yang hingga kini belum berfungsi alias mubazir selayaknya dipergunakan untuk dua fungsi yakni angkutan penumpang dan barang.
Pertimbangannya, terminal Roro Dumai dan pelabuhan penumpang antar pulau sudah rusak.
Anggota DPRD Riau Solihin Dahlan kepada Riau Pos mengatakan sesuai dengan kunjungan ke Dumai, terminal itu hanya menjadi aset Riau yang mubazir karena tidak dipergunakan, sedangkan biaya perawatan tetap dikeluarkan oleh pemerintah.

Di sisi lain, pelabuhan Roro Dumai-Rupat juga mengalami kerusakan berat pada sisi Dumai, sedangkan di sisi Rupat bagus.
‘’Kita sudah menyarankan ke Dinas Pe-rhubungan agar pelabuhan Roro di Dumai dipindahkan saja ke terminal agro, dan ini sedang dikaji sesuai dengan aturan yang ada,’’ ujarnya.
Begitu pula pelabuhan antar pulau dari Dumai ke beberapa pulau juga mengalami kerusakan dan tidak sesuai dengan padatnya mobilisasi warga.
‘’Untuk dua fungsi ini Sekdaprov Riau juga sudah merespon positif, mudah-mudahan bisa cepat terlaksana,’’ jelasnya.
Karena itu, Solihin berharap penambahan fungsi ini secepatnya dikoordinasikan pihak terkait dan sebaiknya dilakukan sebelum beroperasinya Roro Dumai – Rupat. ‘’Toh, pemanfaatan terminal agro untuk hasil pertanian ini entah kapan akan dilakukan, apalagi melihat hasil pertanian Riau yang cenderung menurun,’’ katanya.(ans)

Riau Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar